Wow, Inilah Situs Warisan Geologi Watukelir

Baca Juga



Video Liputan NET. Biro Jawa Tengah



Menjelajahi wilayah Geopark Karangsambung-Karangbolon, Kebumen, bagai menjelajahi lantai samudera pembentuk pulau Jawa. Dari kawasan seluas lima ratus empat puluh tiga kilometer persegi, sejarah kebumian pulau Jawa, dapat diketahui.

Geopark yang terdiri dari situs warisan geologi dan bentang alam di Kawasan Cagar Geologi Nasional Karangsambung ini, juga menyajikan kawasan bentang alam karst gombong selatan. Situs geologi watu kelir, Kecamatan Sadang, Kebumen, keunikan bentuk dan warna batuan sedimen ini memberi fakta kuat, bahwa karangsambung adalah dasar samudera yang terangkat melalui proses geologi.

Terbentuk di dasar samudera purba delapan puluh juta tahun lampau, batu rijang berwarna merah, memanjang seratus meter pada dinding Kali Muncar, anakan hulu sungai Luk Ulo. Sementara di atasnya, terdapat batuan beku, yakni lava basal berbentul bantal, yang berasal dari gunung api purba dasar laut.




Dijadikan pembelajaran para geolog Indonesia. geopark Karangsambung-Karangbolong ini diyakini sebagai yang terlengkap, dibanding geopark Ciletuh di Sukabumi, Jawa Barat, dan geopark Gunung Sewu di Wonosari, Yogyakarta. Diyakini cagar geologi dasar samudera tertua dan terlengkap di ASIA, penampakan batuan purba berumur ratusan hingga puluhan juta tahun yang lampau ini, adalah unik dan istimewa.

“Kita menginginkan bahwa di tempat itu nanti akan berkembang ekonomi lokal. Ekonomi lokal yang sejalan dengan konservasi adalah wisata-wisata yang katakanlah kita sebut dengan geowisata, kemudian itu tidak akan terwujud tanpa edukasi.” Ujar- CHUSNI ANSORI- Peneliti Utama Lipi

Bekerjasama dengan lembaga ilmu pengetahuan Indonesia, pemerintah Kebumen berkomitmen mengembangkan geopark ini sebagai kawasan wisata berbasis edukasi. Pariwisata berbasis konservasi kawasan geologi ini diharapkan bisa memicu pemberdayaan ekonomi masyarakat, sekaligus meningkatkan kecintaan untuk melindungi dan melestarikan geopark.

“Kita persiapkan juga untuk pengembangan geosite-geosite, ada di gua, ada di pemandian air panas krakal yang merupakan geosite juga, geopark juga. Jadi langkah-langkah kita konkrit kita, baik dari sisi fisik, dan nonfisik pun kita sudah berjalan.” Ujar- AZAM FATHONI - Kadisporapar Kebumen

Ditetapkan sebagai geopark nasional pada tanggal 30 November lalu, Geopark Karangsambung-Karangbolong diyakini bakal membawa dampak positif kepada daerah, utamanya masyarakat lokal. Penetapan geopark ini dapat memantik pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di pelosok daerah, terutama jalan dan fasilitas umum.

Subscribe NET JATENG Official Youtube Channel:
youtube.com/netjateng

Twitter :
twitter.com/NetJateng

Instagram:
@netjateng

NET. JAWA TENGAH
CH 54 UHF Semarang | CH 22 UHF Tegal | CH 22 UHF Purwokerto

Posting Komentar

BERITA VIDEO

DOKUMENTASI